News Update :

STIE AMA

Selasa, 11 Oktober 2011


Sejarah STIE AMA


Lebih dari dua puluh tahun yang silam, para pejabat tingkat Muspida Salatiga kala itu, yang terdiri dari :
  1. Djoko Santoso, BA ( Walikotamadya Salatiga )
  2. Letkol C. Soterisno ( DPRD Kodya Salatiga)
  3. Imam Sutikno, SH. ( Ketua Pengadilan Negeri Salatiga )
  4. Drs. Soejono (Sekwilda Kodya Salatiga )
  5. Drs. Soetomo, WE.
Memiliki gagasan, bagaimana agar masyarakat Salatiga yang berlatar belakang ekonomi lemah, dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Ide awal tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan mendirikan sebuah Yayasan yang diberi nama : Yayasan Pendidikan Salatiga yang diketuai oleh Djoko Santosa, BA.
Selanjutnya mulai dipersiapkan tentang rencana pendirian sebuah Perguruan Tinggi Swasta, dan pada akhirnya melalui surat nomor 006/YPS/A.1/V/1984 tanggal 15 Mei 1984 Yayasan resmi mengajukan permohonan kepada Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah untuk membentuk sebuah Akademi Manajemen Keuangan dan Akuntansi di Salatiga.
Setelah menunggu proses perijinan selama kurang lebih satu bulan, akhirnya pihak Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang pada waktu itu dijabat oleh Drs. Wuryanto, mengeluarkan ijin operasional melalui surat nomor : 1617/K/18/Kop.VI/VI/1984 tanggal 19 Juni 1984 tentang penyelenggaraan Akademi Manajemen dan Akuntansi (AMA) Salatiga dengan jurusan Manajemen Keuangan mulai tahun akademik 1984/1985. Kampus AMA Salatiga menempai lokasi yang strategis, karena berada di ruas jalan utama yaitu di Jl. Diponegoro 39 Salatiga.
Pada tahun 1987 AMA SALATIGA memperoleh Status Terdaftar melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0654/0/1987, tanggal 20 Oktober 1987 dan selang delapan tahun kemudian, yakni melalui Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 326/DIKTI/Kep/1995 tanggal 5 Juni 1995 meningkat menjadi Status Diakui
Sejalan dengan perkembangan jaman dan permintaan dari alumni serta dukungan seluruh civitas akademika, maka AMA SALATIGA kian memantapkan diri untuk tumbuh berkembang menjadi PTS yang selalu berupaya memenuhi tuntutan masyarakat, sehingga pada tahun 2000 AMA SALATIGA resmi berubah menjadi SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI “AMA” SALATIGA melalui SK Mendiknas. No. 22 / D / 0 / 2000, tanggal 14 Maret 2000, dengan tiga program studi, yakni :
  1. Strata 1 Manajemen
  2. Diploma III Manajemen Perusahaan
  3. Diploma III Akuntansi.
Visi
Menjadi masyarakat pembelajar yang berkualitas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
Misi
  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan akademik dan diploma yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan sistem administrasi akademik berbasis teknologi informasi
  3. Melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan kewirausahaan
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan IPTEK untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan
Tujuan
Kegiatan pendidikan Sekolah Tinggi bertujuan untuk menghasilkan :
  1. Lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila
  2. Lulusan yang berkualitas di bidang manajemen, akuntansi dengan penguasaan di bidang komputer dan bahasa asing.
  3. Lulusan yang berkemampuan memahami dan menganalisis serta menyediakan alternatif pemecahan masalah di bidang manajemen dan akuntansi
  4. Lulusan yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan bidang yang dikuasai
Jl. Diponegoro No.39 Salatiga
Jawa Tengah - Indonesia
Tel. (0298) - 323901
Email : stieama@indo.net.id
Website : www.stieama.ac.id
http://stieama.ac.id/index.php?pID=visi
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.