News Update :

Siap-siap Wawancara Beasiswa

Senin, 04 Juli 2011


Siap-siap Wawancara Beasiswa


Ilustrasi : Corbis
Ilustrasi : Corbis
Sama halnya dengan wawancara kerja, wawancara untuk mendapatkan beasiswa juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Sejumlah faktor penilaian ditetapkan sebelum akhirnya terpilih untuk meraih beasiswa tersebut.
Berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum wawancara beasiswa:

Persiapkan dirimu dengan baik. Mendekati jadwal wawancara, perhatikan kembali aplikasi yang telah kamu kirimkan kepada lembaga atau organisasi tersebut. Semua pertanyaan yang akan diajukan lembaga atau organisasi tersebut biasanya berasal dari aplikasi yang kamu ajukan.

Buatlah spekulasi seputar pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan biasanya bersifat menjebak atau menjatuhkan. Maka, hendaknya kamu mempersiapkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Perlu diingat, jawaban tersebut harus menunjukkan kekuatan yang kamu miliki sehingga dapat menjadi nilai lebih bagi pewawancara.

Latihlah kemampuan interviewmu. Mintalah bantuan temanmu untuk melatih kemampuanmu dalam wawancara. Hindari pemakaian kata yang sama berkali-kali karena menunjukkan perbendaharaan katamu tidak cukup luas.

Bawalah surat rekomendasi ketika wawancara. Surat rekomendasi bersifat pilihan,  artinya tidak wajib dibawa. Namun, surat rekomendasi dapat menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi pewawancara.

Margaret Puspitarini
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.