News Update :

Selamat Tinggal SMu Selamat Datang Universitas

Jumat, 29 April 2011

Ujian Nasional telah berlalu dan kegelisahan menyelimuti para siswa siswi SMU< SMK<sederajat yang mengikutinya
Perguruan Tinggi (PT) baik Negeri ataupun Swasta sedang mempersiapkan diri atau berbenah untuk menyambut para siswa tingkat sekolah beralih ke tingkat perguruan tinggi atau universitas. Tidak hanya perguruan tinggi/universitas saja yang sedang siap-siap menyambut kegiatan itu, tapi Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) juga sedang menyiapkan tata cara dan kebijakan yang akan diberlakukan dalam proses penyaringan calon mahasiswa baru tahun ajaran 2011/2012 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan diselenggarakan secara serentak di seluruh kota di Indonesia.

Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Nasional, menjelang akhir tahun lalu, mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor : 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah, yang menerangkan bahwa untuk tahun ajaran 2011/2012 : Perguruan Tinggi harus menerima 60 persen mahasiswa dari hasil seleksi nasional dan hanya 40 persen yang diperbolehkan dari seleksi mandiri. Wacana juga mengalir ke isu penghapusan ujian mandiri secara penuh.

Bagi calon mahasiswa, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi atau tinggal di daerah terpencil, barangkali informasi inilah yang mereka tunggu-tunggu. Dengan akan dihapuskannya ujian mandiri, kompetisi terasa lebih adil dan diharapkan lebih transfaran. Setiap calon mahasiswa dari berbagai tingkatan masyarakat dan daerah dapat mendaftar ke kampus favorit dengan peluang yang sama besar. Berhasil atau tidaknya calon mahasiswa tersebut diukur berdasarkan kecerdasan dan kemampuan yang mereka miliki, bukan dikarenakan faktor lain.

Untuk calon mahasiswa yang akan memilih perguruan tinggi/universitas negeri atau pun swasta harus lebih cermat dan akurat, karena dalam memilih perguruan tinggi/universitas calon mahasiswa harus mempunyai kriteria tersendiri dalam menentukan spesialisasinya. Kriteria biasanya berdasarkan citra perguruan tinggi/universita sampai pada jenis atau spesifikasi keahlian yang ingin dikembangkan dan ditelaah lebih dalam oleh calon mahasiswa.

Kriteria yang biasa dan harus dijadikan ukuran dalam memilih atau menentukan perguruan tinggi/universitas bagi calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut :
1. Visi Misi Perguruan Tinggi/Universitas,
2. Status Akreditasi Perguruan Tinggi/Universitas,
3. Kurikulum Up to Date Perguruan Tinggi/Universitas,
4. Sumber Daya Manusia/Staf pengajar (Dosen) Perguruan Tinggi/Universitas,
5. Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi/Universitas,
6. Lembaga Kemahasiswaan dan
7. Kualitas Lulusan.

Beberapa hal tersebut harus menjadi fokus dari calon mahasiswa dan harus dijadikan catatan tersendiri untuk pihak penyelenggara pendidikan tinggi/universitas sehingga tercipta keberhasilan dan peningkatan dalam dunia pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat.

Jangan dijadikan sebagai patokan tulisan ini atau menjadi rekomendasi utama buat Anda, tetapi mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi bahan informasi umum untuk Anda pelajari selanjutnya dalam memilih dan menentukan tempat belajar, terutama bagi siswa-siswi yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi/universitas.

Terimakasih..... 
info kampus indonesia....
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.