News Update :

Sejarah STEKPI

Sabtu, 24 Desember 2011





SEJARAH DAN INFORMASI STEKPI

STEKPI School of Business and Management berawal dari Sekolah Tinggi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STKPI). STKPI didirikan oleh Yayasan Pawiyatan Jayakarta pada tanggal 29 Maret 1982. Pada tanggal 15 Maret 1985 dilakukan pengambilalihan Yayasan Pawiyatan Jayakarta oleh para pejabat PT. Bank Duta Ekonomi dan pada tanggal 20 April 1987 diubah namanya menjadi YAYASAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INDONESIA yang disingkat YAPPINDO. Yayasan ini diketuai oleh Drs. Abdul Gani selaku Direktur Utama Bank Duta Ekonomi.
Sejak 12 Desember 1991, kepengurusan Yayasan diketuai oleh Winarto Soemarto, S.H. selaku Direktur Utama Bank Duta dan dilanjutkan oleh B.S. Salamoen, S.H. Berikutnya kepengurusan yayasan dipimpin oleh Muchtar Mandala, S.E. dan pada tanggal 21 September 2000, Saadilah Mursjid diangkat menjadi Ketua Badan Pengurus Yappindo. Sejak tanggal 5 September 2005 kepengurusan Yayasan diketuai oleh Subijakto Tjakrawerdaja dan pada tahun 2010 nama yayasan berubah menjadi Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ).

Pada tanggal 11 April 1988 dilakukan serah terima Ketua STEKPI dari Drs. Hasymi Ali kepada Sanjoto Subekti, S.E. Selanjutnya sejak tanggal 1 April 1989 manajemen STEKPI diketuai oleh Prof. Barli Halim susunan anggota Dewan Penyantun STEKPI yang terdiri atas tokoh-tokoh ekonomi dipimpin oleh Prof. Dr. Ali Wardhana.

Dengan meninggalnya Prof. Barli Halim pada tanggal 9 Mei 1996, jabatan Ketua STEKPI dirangkap sementara oleh Sanjoto Subekti, S.E. selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik. Pada tanggal 17 Juni 1997 Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia melalui SK No. 002/BPH-YPPI/KPTS/VI/97 mengangkat Prof. Dr. Rustam Didong sebagai Ketua STEKPI untuk periode 1997-2001 dan periode 2001-2005 berdasarkan SK No. 005/BPH-YPPI/VII/2001. Selanjutnya, pada periode 2007 – 2010 manajemen STEKPI diketuai oleh Bambang Trihartanto, Ph.D. dan pada tanggal 5 Maret 2010 STEKPI dipimpin oleh Ir. Budi Permadi Iskandar, MSP.
Serangkaian perbaikan dilakukan setelah pengambilalihan pada tahun 1987 antara lain kegiatan persiapan perbaikan STEKPI melalui kerja sama dengan pihak Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), dalam hal ini Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM-FEUI). Kerja sama yang dilakukan khususnya di bidang penyusunan kurikulum dan silabus serta penyediaan staf pengajar tetap yang meliputi penyeleksian dan pembinaannya. Ikatan ini dilakukan melalui penandatanganan kerja sama No. PS/5055/LP/87, tanggal 6 April 1987, tentang Pengembangan Sekolah Tinggi Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia, antara Ketua Tim Pengembangan STEKPI dan Kepala LPEM-FEUI, dengan disahkan dan disetujui oleh Ketua YAPPINDO dan Dekan FEUI. Mulai tahun 2005, STEKPI telah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan secara mendasar termasuk menyempurnakan kurikulumnya agar berbasis kompetensi dengan mengintegrasikan materi Hard Skills dan Soft Skills serta pengalaman bisnis terpadu (entrepreneurial experiences) serta penyelarasan kurikulum STEKPI untuk dapat bersaing di dunia Internasional. STEKPI selalu menyesuaikan diri dengan tantangan jaman dan sekarang akan mengembangkan diri untuk menjadi sebuah universitas. Bermula dari program studi Manajemen yang diarahkan pada sektor keuangan dan perbankan, STEKPI kemudian mendirikan program studi Akuntansi. Menilik situasi Indonesia dan kemungkinan untuk baru dalam membangun kompetensi lulusan, unsur kewirausahaan dan soft-skills dimasukkan ke dalam proses pembelajarannya. Memandang bahwa masih mungkin untuk menambahkan kompetensi strategis, STEKPI bersepakat untuk memasukkan kompetensi dalam bidang komputer sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Perkembangan terakhir adalah mempersiapkan keunggulan yang lebih inter-disiplin yaitu menata dari sudut sistem sosial di dalam kehidupan kampus, yaitu mengembangkan pluralisme sambil memperkuat basis pembelajaran. STEKPI juga mulai memasuki ranah internasionalisasi yang dilakukan dengan hati-hati pada saat ini.

STEKPI memberikan keleluasaan terutama pada pengembangan kualitas sumber daya manusianya dan dibuktikan dengan dibukanya kesempatan bagi para dosennya untuk melanjutkan studi kejenjang S2 maupun S3, bahkan saat ini banyak para dosen STEKPI yang tengah menempuh studi lanjut ke jenjang S2 maupun S3, hal tersebut diharapkan akan makin meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta meningkatkan berbagai aspek kualitas lainnya.



VISI DAN MISI STEKPI
VISI STEKPI
Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Terutama Bidang Keuangan dan Perbankan

MISI STEKPI
1. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Kondusif dan Profesional  Guna 
     Menghasilkan Lulusan Yang Bermutu dan Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat.
2. Responsif dan Adaptif Terhadap Perubahan Teknologi dan Ekonomi Sosial Global.
3. Menjaga Kehormatan Lembaga Pendidikan Sesuai Nilai-Nilai Pancasila.

KEBIJAKAN MUTU
Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Bermutu, STEKPI Menghasilkan Insan Yang Berkarakter, Terampil dan Mampu Beradaptasi Terhadap Perubahan Teknologi dan Sosial Ekonomi Global.

SASARAN MUTU
1.

Banyaknya Dosen Berpendidikan Strata Dua Atau Lebih Minimum 90% (sembilan puluh).
2.

80% (delapan puluh) Lulusan Akan Bekerja Dalam Tempo 6 Bulan Setelah Lulus.
3.

Memenangkan Penelitian Hibah Bersaing Minimal 3 (tiga) Buah Pertahun.
4.

Rata-Rata Indek Prestasi Mata Kuliah Kompetensi Lulusan Minimal 2.75.
5.

Paling Sedikit Menjadi Juara Kedua Dalam Lomba Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Minimal 3 (tiga) Kali Pertahun.
6.

Tingkat Pelaksanaan Perkuliahan Minimal 90 % (sembilan puluh) Tiap Kelas.
7.

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Tiap Dosen Per Kelas Minimal 85 (Dalam Rentang Nilai 0-100).
8.

Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Kampus Rata Rata 85.
9.

Tiap Mata Kuliah Kompetensi Membahas Studi Kasus Minimal 4 (empat) Buah
10.

Kompetisi Mahasiswa Tingkat Kampus Untuk Tiap Mata Kuliah Kompetensi, Minimal Sekali Dalam Satu Semester.

Berikut ini adalah prestasi-prestasi yang telah dicapai:
  • Juara I SAMSUNG CUP 3on3 antar Perguruan Tinggi Sejakarta
  • Juara II Embu Berpasangan Junior Putra Tinggkat Kyu III
  • Juara III Randori Putri Kelas 48Kg
  • Juara II Embu Beregu Putri Tingkat Kyu I Keatas
  • Juara Harapan II Festival Paduan Suara UNPAR, 2004
  • Juara III Dummy Choir Show di SCTV
  • Juara Harapan I fESITVAL Foklore UI
  • Juara III Tarki CUP
  • Semifinal FE UI CUP
  • Semifinal Honda 3on3 antar Perguruan Tinggi Sejakarta

Jl. Kampus STEKPI, No.1,
Kalibata, Jakarta 12760
Ph:6221-7980011,
Fx:6221-7981352,
mail:info@stekpi.ac.id
Lt-2 Gedung Rektorat

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.