News Update :

SNMPTN 2012

Senin, 30 Januari 2012


SNMPTN 2012 Berintegrasi Dengan Bidik Misi


Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012  Akhmaloka mengatakan, perjalanan seleksi dalam lima tahun terakhir ini sebagai kepatuhan kepada negara. Bahkan, khusus untuk tahun ini,  SNMPTN mengemban nilai yang lebih mulia.
“Misalnya, formulir pendaftaran calon mahasiswa dimasukkan dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kemudian, juga ada integrasi dengan program Bidik Misi. Semua sesuai dengan Peraturan Mendiknas Nomor 34/2010,” ujar , yang Rektor Institut Teknologi Bandung ini, pada Grand Launching SNMPTN 2012, di Gedung D Kemdikbud pada Kamis (19/1) malam.
Peraturan Mendiknas tersebut tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah. Peraturan ini menjadi landasan hukum SNMPTN jalur undangan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di SMA, namun tidak memiliki kemampuan secara ekonomi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
“SNMPTN 2012 ini tidak sekedar seleksi,” ucap Akhmaloka. Ia menjelaskan, setidaknya ada lima hal yang membuat SNMPTN tahun ini memiliki nilai lebih mulia. Pertama, SNMPTN 2012 membangun kebersamaan dan kepercayaan antara PTN seluruh Indonesia dengan adanya kepanitiaan secara bergilir.
“Kedua, dengan SNMPTN 2012 ini kita mencoba melakukan edukasi nasional dalam penggunaan teknologi informasi atau IT”. Tahun ini memang merupakan tahun ketiga penyelenggaraan pendaftaran SNMPTN berbasis teknologi informasi. Kemudian ke-empat, SNMPTN 2012 mengedukasi kejujuran bagi generasi muda melalui jalur undangan.
Dalam memproses permohonan calon mahasiswa di jalur undangan ini, seleksi awal akan dilakukan kepala sekolah, untuk melakukan cek dan ricek secara administrasi. Kemudian seleksi akhir akan dilakukan panitia SNMPTN. Terakhir, SNMPTN 2012 mengemban integrasi dengan program Bidik Misi. “Ini menunjukkan adanya keberpihakan kepada adik-adik calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi,” kata Akhmaloka
Sumber : kemdikbud

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.