News Update :

Sejarah Universitas Binus

Senin, 02 Mei 2011

Sejarah

BINUS UNIVERSITY pada awalnya adalah sebuah lembaga pendidikan komputer jangka pendek yang berdiri pada tanggal 21 Oktober 1974 dengan nama Modern Computer Course. Berkat landasan yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi yang berkesinambungan, lembaga ini terus berkembang.

Pada tanggal 1 Juli 1981, karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan, lembaga pendidikan komputer ini berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) dengan jurusan Manajemen Informatika dan Teknologi Informasi. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 13 Juli 1984, ATK mendapat status Terdaftar dan berubah menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1985, dibuka jurusan Komputerisasi Akuntansi, dan pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta berganti nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.

Dalam usia mudanya, sebuah prestasi emas ditoreh AMIK BINA NUSANTARA dengan terpilih sebagai Akademi Komputer Terbaik oleh Depdikbud melalui Kopertis Wilayah III Jakarta pada tanggal 17 Maret 1986.

Berkat makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga andal dalam bidang teknologi informasi, pada tanggal 1 Juli 1986, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) BINA NUSANTARA didirikan dengan Program Strata-1 (S1) jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Bersamaan dengan itu juga dibuka jurusan Teknik Komputer (S1).

Pada tanggal 9 November 1987, AMIK BINA NUSANTARA dilebur ke dalam STMIK BINA NUSANTARA sehingga terbentuk sebuah lembaga yang menyelenggarakan Program Diploma III (DIII) dan Strata-1 (S1). STMIK BINA NUSANTARA berhasil memperoleh status "Disamakan" untuk semua jurusan dan jenjang pada tanggal 18 Maret 1992, dan pada tanggal 10 Mei 1993 mendapat kepercayaan untuk membuka Program Magister Manajemen Sistem Informasi, salah satu Program Pascasarjana pertama di Indonesia di bidang tersebut.

Pada tanggal 8 Agustus 1996, BINUS UNIVERSITY berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20 Desember 1998, sehingga BINUS UNIVERSITY memiliki: Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Sains & Teknik, Fakultas Bahasa & Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi & Multimedia dan Program BINUS Online Learning.

Visi & Misi

Visi
"Sebuah universitas kelas dunia
... Dalam mengejar terus inovasi dan enterprise "
Kata Kunci Apa yang kita maksud dengan ...?
World Class University Lulusan UBINUS akan diterima di pasar global dan lingkungan melalui tingkat tertinggi pengajaran pendidikan keunggulan meliputi, pembelajaran dan penelitian terapan
Inovasi Pengenalan sukses ekonomi dan penerapan pengetahuan ilmiah baru dan yang ada dan proses belajar mengajar untuk tujuan praktis dalam rangka menciptakan nilai stakeholder unggul
Enterprise praktik bisnis yang inovatif berhubungan dengan kemampuan seseorang atau organisasi untuk mendorong perubahan positif di pasar global dan lingkungan

Misi
Misi BINUS University adalah untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia oleh:
Pengakuan dan penghargaan yang paling kreatif dan nilai tambah bakat
Menyediakan mengajar kelas dunia, belajar dan pengalaman penelitian yang menumbuhkan keunggulan dalam beasiswa, inovasi dan kewirausahaan.
Menciptakan pemimpin yang menonjol bagi masyarakat global
Melakukan layanan profesional dengan penekanan pada penerapan pengetahuan kepada masyarakat.
Meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional

Nilai
Ulet Fokus
Bertindak dengan fokus penuh gairah, komitmen, dan menentukan arah tujuan bersama.
Kebebasan untuk Inovasi
Menggabungkan integritas dengan semangat kreatif dan berorientasi hasil
Rabun dekat
Berbagi pandangan jauh ke depan untuk mengenali dan mengambil tindakan pada kesempatan masa depan

Embrace Diversity
Merayakan keragaman dalam mengejar keunggulan

Kebijakan Mutu
BINUS Universitas berkomitmen untuk menyediakan pendidikan kelas dunia dengan pengalaman belajar internasional yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat global

Kualitas Tujuan:
Satu dari setiap tiga lulusan menjadi pengusaha atau bekerja di sebuah organisasi global dalam waktu enam bulan setelah lulus.
25 kekayaan intelektual yang inovatif secara hukum terdaftar per tahun
Rata-rata satu kertas Internasional per Fakultas Anggota per tahun
20% dari siswa mendapatkan pengalaman aktif internasional selama masa studi
Akademik Kepuasan indeks 75%
Excellent kepuasan stakeholder.


Proses Bisnis Bebasis IT

Sehubungan dengan moto BINUS UNIVERSITY, “Membangun Masa Depan Negara melalui IPTEK,” BINUS UNIVERSITY secara konsisten selalu menerapkan lulusannya yang berkualitas dengan memasukan sistem teknologi informasi dalam kurikulum dan subjek mata kuliahnya tanpa menghiraukan kondisi yang diterapkan oleh Negara tentunya.
Ini merupakan bukti bahwa di binus university, penerapan pembelajaran komputer tidak hanya diterapkan di fakultas Ilmu Komputer tapi juga di fakultas sastra, fakultas MIPA, fakultas ekonomi dan fakultas tehnik. Selain itu BINUS UNIVERSITY juga bekerja sama dengan banyak pihak lain bail itu dalam negeri maupun luar negeri. Disini kami selalu mengedepankan sistem pengajaran dengan ilmu teknologi yang terbaru dan mudah untuk diterapkan.

Sebagai contoh, di tahun 1997 kami bekerja sama dengan PT. Indosat dalam menyediakan inrastruktur yang berkaitan dengan pengadaan sambungan internet. Di tahun 1997 kami juga menandatanagni kerja sama dengan progress dan oracle dalam menggunkan produk mereka di lingkungan BINUS UNIVERSITY. Di tahun 199 kami menandatangani kerja sama dengan CISCO, yang membuat BINUS UNIVERSITY menjadi Regional Networking Academy Pertama di Indonesia. Kami juga bekerja sama sengan Lotus International untuk pengembangan konsep “kampus virtual”.
sumber:http://www.binus.ac.id/default/Indonesia
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright info wisuda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.